Ads 468x60px

Selasa, 08 Oktober 2013

Penggunaan Signal Kaki Pada Saat Touring

Ada perdebatan tentang penggunaan signal kaki yang memberikan tanda adanya hazzard di jalan. Beberapa pendapat mengatakan hal ini berbahaya karena keseimbangan mas bro dalam mengendalikan motor akan terganggu saat kaki mas bro tidak menapak pada footstep. Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa masih sangat perlu untuk tanda atau peringatan kepada pengendara yang ada dibelakang anda. Jadi ada baiknya mas bro simak beberapa aspek yang bisa membahayakan diri mas bro.
Signal Kaki Pada Saat Melakukan Touring

Sebenarnya saat kaki mas bro tidak menapak pada footstep maka akan membahayakan diri mas bro saat ada lubang di jalan. Hal ini akan mengganggu keseimbangan mas bro dalam menjalankan motor. Yang bisa mas bro lakukan adalah dengan cara mengurangi kecepatan secara perlahan jika memang memungkinkan. Tetapi jika mas bro tidak menghindarinya maka mas bro hadapi saja lubang tersebut dengan meningkatkan kekuatan pegangan kemudi atau steer. Apabila mas bro masih bisa mengendalikan motor maka berikan signal kaki untuk memperingatkan pengendara yang ada dibelakang mas bro  Saat mas bro melakukan touring memang sangat diperlukan untuk memberikan peringatan kepada pengendara yang ada dibelakang mas bro akan adanya bahaya atau hazzard. Ada baiknya mas bro lakukan beberapa langkah dibawah ini.

Tetaplah menjaga jarak yang aman antar sesama pengendara. Ini merupakan kunci utama keselamatan berkendara secara beregu atau berkelompok memberikan signal dengan memperhatikan keamanan diri mas bro. Bila memungkinkan menggunakan signal tangan baik kiri maupun kanan. Hal ini memang ada kesulitan saat hazzard berada di sisi kanan mas bro karena kecepatan mas bro akan berkurang yang disebabkan mas bro melepaskan gas.

Terkadang mengisyaratkan kaki yang turunnya sebentar atau beberapa detik tetapi mas bro bisa ganti dengan lampu sein yang dinyalakan sebentar saja. Seperti saat ada lubang sebelah kiri maka anda nyalakan lampu sein sebelah kanan karena motor mas bro akan bergeser kekanan atau sebaliknya. Peranan SO (safety Officer) didepan RC (Captain Road) memang sangat membantu. Saat ada sesuatu di jalan (hazzard) rombongan bisa menghindari pengereman yang mendadak tapi dapat dilakukan lumpsum sehingga terhindari tabrakan beruntun. Sebenarnya pengalaman touring sangat dibutuhkan, jadi mas bro harus memperbanyak touring baik jarak dekat maupun jauh. Keep Safety Brother semoga bermanfaaat bagi brother-brother semuanya!!

0 komentar:

Posting Komentar