Ads 468x60px

Minggu, 29 Desember 2013

Rawat Tombol Kunci Motor Anda, Agar Tidak Bisa di Bobol Oleh Maling

Maling paling demen ngincar motor yang kunci kontaknya tak berpengaman. Karena tinggal masukin kunci T, kontak bisa cepat dibobol. Makanya kini hampir semua pabrikan melengkapi fitur shutter key di produk-produk mereka, demi keamanan motor konsumen itu sendiri.

Itu pun shutter key masih bisa dibobol, lho. Tapi, paling tidak bisa memperlambat aksi si tangan jahil. Namun ente kudu ekstra perhatian nih dengan kinerja shutter key motor kesayangan ente. Sebab, shutter key bisa ngambek alias tidak bisa menutup sebagai mestinya bila terserang kerak atau kotoran. Akhirnya, bakal jadi sasaran empuk maling tuh!


Seperti dialami Umi, warga Depok, Jawa Barat pada Honda Scoopy keluaran 2010 miliknya. “Biasanya saat kunci kotak sudah diposisikan ngelock setang dan kunci dicabut, maka shutter key akan otomatis menutup lubang kunci. Tetapi, belakangan ini suka enggak mau menutup otomatis. Mesti diputar dulu pakai gagang kunci,” tutur ibu 3 anak ini.
Ini bisa terjadi bila mekanisme shutter key mulai dihinggapi kotoran atau kerak. Apalagi musim hujan begini, per yang ada dalam mekanisme shutter key jadi tak kuat mendorong penutupnya.

Nah, kalau sudah begini, segera deh atasi lewat cara disemprot penetran. “Boleh pakai WD40 untuk lancarkan kembali kinerja part,” bilang Endro Sutarno, intruktur Astra Honda Training Center (AHTC).


Usai disemprot penetran, buka-tutup mekanisme shutter key beberapa kali agar kotoran yang nempel di dalam rontok. Lalu semprotkan penetran sekali lagi biar kotoran benar-benar bersih. Bila perlu, lubang kuncinya juga ikut disemprot agar perputaran mekanisme kunci lancar. Karena umumnya penetran kayak WD40 juga mengandung pelumasan. (www.motorplus-online.com)

0 komentar:

Posting Komentar